Analisis Jurnal 2 :
Judul :
ANALISIS
KEPUASAN PENGUNJUNG DAN PENGEMBANGAN FASILITAS WISATA AGRO
(Studi
Kasus di Kebun Wisata Pasirmukti, Bogor)
Pengarang :
Riandina
Wahyu Oktaviani dan Rita Nurmalina Suryana
Tema :
Kepuasan
Konsumen
Abstrack :
Kecendurngan
wisatawan untuk kembali ke alam menyebabkan pengembangan daya tarik wisata yang
berbasiskan alam menjadi potensial, tak terkecuali wisata yang berbasiskan alam
pertanian (wisata agro). Kebun Wisata Pasir Mukti merupakan salah satu wisata
agro yang terdapat di Citeureup, Bogor dan baru dibuka untuk umum pada tahun
2001. Artikel ini menyajikan hasil penelitian karakteristik pengunjung., proses
keputusan kunjungan, respone pengunjung dan kepuasan pengunjung terhadap
atribut yang ditawarkan oleh Kebun Wisata Pasirmukti.
Latar Belakang :
Wisata
agro merupakan salah satu jenis wisata yang memanfaatkan usaha pertanian (agro)
sebagai objek wisata dan mmemadukan antaara kegiatan pertanian dan kegiatan
wisata. Wisata aagro bukan semata merupakan usaha yang menjual jasa bagi
pemenuhan kebuhan konsumen akan pemandangan yang sangat indah dan udara yang
sangat segar, namun juga dapat berperan sebagai media promosi produk pertanian,
menjadi media pendidikan bagi masyarakat. Hal ini memberikan sinyal bagi
peluang pengembangan diversifikaasi produk agribisnis yang berarti pula dapat
menjadi kawasan pertumbuhan baru wilayah.
Preferensi
dan motivasi wisatawan yang berkembang secara dinamis serta kecenderungan
wisatawan untuk kembali ke alam
menyebabkan pengembangan daya tarik wisata yang berbasiskan alam menjadi
potenssial di kawasan Kabupaten Bogor, merupakan salah satu wilayah yang
memilki potensi yang cukup besar dalam pengembangan wisata agro.
Kebun
wisata Pasirmukti merupakan salah satu objek wisata agro yang memiliki fasilitas
edukatif khususnya di bidang pertanian, antara lain membajak sawah, mananam
padi, memetik buah sendiri, menanam sayuran, dan memancing ikan. Fasilitas
wisata ini ditawarkan dalam bentuk paket berbagai pilihan. Target pasar utama
pihal Manajemen Pasirmukti adalah para pelajar khususnya siswa SD dan SLTp. Hal
ini sesuai dengan misi utama Kebun Wisata Pasirmukti yakni mengenalkan dunia
pertanian sejak dini kepada generasi muda. Oleh karena itu,
faasilitas-fasilitas yang didirikan dan kegiatan-kegiatan yang ditawarkan
selain memiliki fasilitass penunjang wisata seperti restoran, penginapan,
sarana peribadatan, hotel, area kemping, kolam renang dan kolam ikan juga
memilki fasilitas pendidikan pertanian di dalamnya.
Sebagai
salah satu objek wisata agro yang belum lama dikenal oleh umum, Kebun Wisata
Pasirmukti dihadapkan pada tantangan untuk dapat menarik hati wisatawan agar
mau berkunjung. Hal ini penting dilakukan karena sebagai salah satu usaha yang
bergerak di bidang jasa, pengunjung merupakan tolak ukur yang paling penting
dalan keberlangsungan usahanya.
Tujuan :
Secara
umum penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan pengunjung terhadap
performance Kebun Wisata Pasirmukti.
Metode Penelitian :
Penelitian
ini menggunakan dua jenis data yakni data primer dan data sekunder. Data primer
diperoleh dari penyebaran kuesioner, wawancaaraa dengan konsumen/pengunjung,
wawancara dengan pihak manajemen, pengamatan langsung di lapangan.
Metode
pengambilan sampel dari konsumen/pengunjung dilakukan dengan pendekatan
non-probability sampling melalui metode convenience sampling.
Analisis :
Penelitian
ini menggunakan empat analisis. Analisis deskriptif digunakan untuk menjelaskan
proses pengambilan keputusan kunjungan konsumen ke Kebun Wisata Pasirmukti.
Importance-Peerformance Analysis digunakan untuk memetakan hubungan antara
kepentingan dengan kinerja dari masing-masing atribut tersebut. Customer
Satifaction Index digunakan untuk menganalisis kepuasan responden secara
keseluruhan. Sedangkan uji Friedman dan Multiple Ccomparison digunakan untuk
menentukan urutan prioritassss fasilitas tambahan yang perlu ddibangun.
http://pse.litbang.deptan.go.id/ind/pdffiles/JAE%2024-1c.pdf
Analisis Jurnal 2 :
Judul :
ANALISIS
KEPUASAN PENGUNJUNG DAN PENGEMBANGAN FASILITAS WISATA AGRO
(Studi
Kasus di Kebun Wisata Pasirmukti, Bogor)
Pengarang :
Riandina
Wahyu Oktaviani dan Rita Nurmalina Suryana
Tema :
Kepuasan
Konsumen
Abstrack :
Kecendurngan
wisatawan untuk kembali ke alam menyebabkan pengembangan daya tarik wisata yang
berbasiskan alam menjadi potensial, tak terkecuali wisata yang berbasiskan alam
pertanian (wisata agro). Kebun Wisata Pasir Mukti merupakan salah satu wisata
agro yang terdapat di Citeureup, Bogor dan baru dibuka untuk umum pada tahun
2001. Artikel ini menyajikan hasil penelitian karakteristik pengunjung., proses
keputusan kunjungan, respone pengunjung dan kepuasan pengunjung terhadap
atribut yang ditawarkan oleh Kebun Wisata Pasirmukti.
Latar Belakang :
Wisata
agro merupakan salah satu jenis wisata yang memanfaatkan usaha pertanian (agro)
sebagai objek wisata dan mmemadukan antaara kegiatan pertanian dan kegiatan
wisata. Wisata aagro bukan semata merupakan usaha yang menjual jasa bagi
pemenuhan kebuhan konsumen akan pemandangan yang sangat indah dan udara yang
sangat segar, namun juga dapat berperan sebagai media promosi produk pertanian,
menjadi media pendidikan bagi masyarakat. Hal ini memberikan sinyal bagi
peluang pengembangan diversifikaasi produk agribisnis yang berarti pula dapat
menjadi kawasan pertumbuhan baru wilayah.
Preferensi
dan motivasi wisatawan yang berkembang secara dinamis serta kecenderungan
wisatawan untuk kembali ke alam
menyebabkan pengembangan daya tarik wisata yang berbasiskan alam menjadi
potenssial di kawasan Kabupaten Bogor, merupakan salah satu wilayah yang
memilki potensi yang cukup besar dalam pengembangan wisata agro.
Kebun
wisata Pasirmukti merupakan salah satu objek wisata agro yang memiliki fasilitas
edukatif khususnya di bidang pertanian, antara lain membajak sawah, mananam
padi, memetik buah sendiri, menanam sayuran, dan memancing ikan. Fasilitas
wisata ini ditawarkan dalam bentuk paket berbagai pilihan. Target pasar utama
pihal Manajemen Pasirmukti adalah para pelajar khususnya siswa SD dan SLTp. Hal
ini sesuai dengan misi utama Kebun Wisata Pasirmukti yakni mengenalkan dunia
pertanian sejak dini kepada generasi muda. Oleh karena itu,
faasilitas-fasilitas yang didirikan dan kegiatan-kegiatan yang ditawarkan
selain memiliki fasilitass penunjang wisata seperti restoran, penginapan,
sarana peribadatan, hotel, area kemping, kolam renang dan kolam ikan juga
memilki fasilitas pendidikan pertanian di dalamnya.
Sebagai
salah satu objek wisata agro yang belum lama dikenal oleh umum, Kebun Wisata
Pasirmukti dihadapkan pada tantangan untuk dapat menarik hati wisatawan agar
mau berkunjung. Hal ini penting dilakukan karena sebagai salah satu usaha yang
bergerak di bidang jasa, pengunjung merupakan tolak ukur yang paling penting
dalan keberlangsungan usahanya.
Tujuan :
Secara
umum penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan pengunjung terhadap
performance Kebun Wisata Pasirmukti.
Metode Penelitian :
Penelitian
ini menggunakan dua jenis data yakni data primer dan data sekunder. Data primer
diperoleh dari penyebaran kuesioner, wawancaaraa dengan konsumen/pengunjung,
wawancara dengan pihak manajemen, pengamatan langsung di lapangan.
Metode
pengambilan sampel dari konsumen/pengunjung dilakukan dengan pendekatan
non-probability sampling melalui metode convenience sampling.
Analisis :
Penelitian
ini menggunakan empat analisis. Analisis deskriptif digunakan untuk menjelaskan
proses pengambilan keputusan kunjungan konsumen ke Kebun Wisata Pasirmukti.
Importance-Peerformance Analysis digunakan untuk memetakan hubungan antara
kepentingan dengan kinerja dari masing-masing atribut tersebut. Customer
Satifaction Index digunakan untuk menganalisis kepuasan responden secara
keseluruhan. Sedangkan uji Friedman dan Multiple Ccomparison digunakan untuk
menentukan urutan prioritassss fasilitas tambahan yang perlu ddibangun.
http://pse.litbang.deptan.go.id/ind/pdffiles/JAE%2024-1c.pdf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar