Metode Riset
Analisis
Jurnal 2
Tema :
Pemasaran Meningkatkan Penjualan
Judul Jurnal :
Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Penjualan
Kendaraan Motor pada CV Turangga Mas Motor
Penulis Jurnal : Ahmad Munandi,
Fandi
Tanggal : 23 May 2012
Motivasi :
Meningkatan penjualan yang terjadi di CV Turangga Mas
Motor, dengan cara meningkatkan kualitas mutu pelayanan dengan membangun gudang
tempat penyimpanan motor-motor suzuki yang siap jual.
Masalah :
CV Turangga Mas Motor terjadi penurunan tingkat penjualan.
Metode Penelitian :
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Matrik
BCG dan analisis SWOT yang digunakan untuk meningkatkan penjualan produk.
Pembahasan :
Matrik BCG dilakukan berdasarkan laporan penjualan CV
Turangga Mas Motor tahun 2007-2008 yang dibandingkan dengan laporan penjualan
pesaing, yaitu PT Bajaj Andalan Sakti untuk mengetahui tingkat pertumbuhan
pasar dan pangsa pasar. Analisis SWOT dilakukan dengan menganalisis yang
menjadi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman CV Turangga Mas Motor
dibandingkan PT Bajaj Andalan Sakti. Hasil penelitian dari analisis matrik BCG
diketahui tingkat pertumbuhan pasar CV Turangga Mas Motor sebesar 21% dan
pangsa pasarnya sebesar 1.60, sehingga berada dalam kuadran stars, strategi
pemasaran yang dapat digunakan adalah dengan melakukan investasi dengan membuka
cabang CV Turangga Mas Motor di lokasi lain dan melaksanakan upaya meminimalkan
biaya dan operasi yang tidak efisien agar tetap mempunyai cash flow yang kuat.
Dari analisis SWOT diketahui strategi SO yang dapat digunakan adalah membuka
lokasi baru, dan memberikan potongan penjualan yang lebih besar jika konsumen
melakukan pembelian ulang. Strategi WO yang dapat digunakan adalah dengan
memberikan bonus secara intensif kepada pegawai untuk menambah motivasi pegawai
dan menambah tenaga pemasaran.
Kesimpulan :
Peenurunan penjualan CV Turangga Mas Motor menurunkan
penjualan produk yang ada di CV tersebut, oleh dari itu CV Turangga Mas Motor
harus mempunyai Strategi penjualan agar dapat meningkatkan penjualan CV
Turangga Mas Motor
Saran :
CV Turangga Mas Motor harus mengubah Strategi penjualan
agar tidak terjadi penurunan tingkat penjualan produk yang dimiliki.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar