Merode Riset
Analisis
Jurnal 3
Tema :
Pemasaran Penjualan dan Pasar
Judul Jurnal :
Analisa Penelitian Penjualan Dan Pasar
Penulis Jurnal : Siringgoringgo,
Hotniar
Tanggal : 03 May 2012
Motivasi :
Agaaar dapat meningkatkan Penjualan dan Pasar.
Masalah :
Percobaan jarang
digunakan dalam penelitian penjualan dan pasar Percobaan
jarang digunakan dalam penelitian penjualan dan pasar
Metode Penelitian :
Penelitian penjualan dan
pasar sebagian menggunakan data sekunder dan sebagian lagi menggunakan data primer
dan pada umumnya merupakan data eksternal. Sumber data eksternal bisa dari Biro
pusat Statistik (BPS), Departemen Perindustrian dan Perdagangan (Deperindag)
atau dari konsumen. Data dari BPS dan Deperindag merupakan data sekunder. Data
yang diperoleh dari konsumen merupakan data primer. Instrumen penelitian yang
digunakan untuk mengumpulkan data dari konsumen adalah daftar pertanyaan
Pembahasan :
Daftar pertanyaan yang
dibentuk harus diuji validitas dan reliabilitasnya. Validitas daftar pertanyaan
berhubungan dengan isi atau hal yang harus ditanyakan; dengan demikian
penentuan item-item yang akan ditanyakan harus diperhatikan. Reliabilitas
berhubungan dengan konsistensi jawaban yang diperoleh dari responden. Validitas
yang tidak baik menyebabkan kesalahan sistematis dan acak yang besar, sedangkan
reliabilitas yang tidak baik menyebabkan kesalahan acak yang besar. Penyebab
utama kesalahan penelitian penjualan dan pasar adalah kesalahan pengukuran.
Kesalahan pengukuran pada penelitian penjualan dan pasar bisa lebih besar
dibandingkan kesalahan yang disebabkan oleh sampling. Percobaan jarang
digunakan dalam penelitian penjualan dan pasar. Beberapa penelitian penjualan
dan pasar yang mungkin menggunakan teknik percobaan dalam pengumpulan datanya
adalah uji pasar, studi saluran distribusi dan prediksi penjualan
Kesimpulan :
Kesalahan sistematis dan
acak yang besar, sedangkan reliabilitas yang tidak baik menyebabkan kesalahan
acak yang besar. Penyebab utama kesalahan penelitian penjualan dan pasar adalah
kesalahan pengukuran. Kesalahan pengukuran pada penelitian penjualan dan pasar
bisa lebih besar dibandingkan kesalahan yang disebabkan oleh sampling
Saran :
Agar lebih memperhatikan sumber – sumber yang terdapat
pada penjualan pasar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar