Senin, 08 Oktober 2012

Tugas Metode Riset ke 2


Analisis Jurnal 2 :

Judul                   :

ANALISIS KEPUASAN PENGUNJUNG DAN PENGEMBANGAN FASILITAS WISATA AGRO

(Studi Kasus di Kebun Wisata Pasirmukti, Bogor)

Pengarang      :

Riandina Wahyu Oktaviani dan Rita Nurmalina Suryana

Tema                 :

Kepuasan Konsumen

Abstrack         :

Kecendurngan wisatawan untuk kembali ke alam menyebabkan pengembangan daya tarik wisata yang berbasiskan alam menjadi potensial, tak terkecuali wisata yang berbasiskan alam pertanian (wisata agro). Kebun Wisata Pasir Mukti merupakan salah satu wisata agro yang terdapat di Citeureup, Bogor dan baru dibuka untuk umum pada tahun 2001. Artikel ini menyajikan hasil penelitian karakteristik pengunjung., proses keputusan kunjungan, respone pengunjung dan kepuasan pengunjung terhadap atribut yang ditawarkan oleh Kebun Wisata Pasirmukti.

Latar Belakang :

Wisata agro merupakan salah satu jenis wisata yang memanfaatkan usaha pertanian (agro) sebagai objek wisata dan mmemadukan antaara kegiatan pertanian dan kegiatan wisata. Wisata aagro bukan semata merupakan usaha yang menjual jasa bagi pemenuhan kebuhan konsumen akan pemandangan yang sangat indah dan udara yang sangat segar, namun juga dapat berperan sebagai media promosi produk pertanian, menjadi media pendidikan bagi masyarakat. Hal ini memberikan sinyal bagi peluang pengembangan diversifikaasi produk agribisnis yang berarti pula dapat menjadi kawasan pertumbuhan baru wilayah.

Preferensi dan motivasi wisatawan yang berkembang secara dinamis serta kecenderungan wisatawan untuk kembali  ke alam menyebabkan pengembangan daya tarik wisata yang berbasiskan alam menjadi potenssial di kawasan Kabupaten Bogor, merupakan salah satu wilayah yang memilki potensi yang cukup besar dalam pengembangan wisata agro.

Kebun wisata Pasirmukti merupakan salah satu objek wisata agro yang memiliki fasilitas edukatif khususnya di bidang pertanian, antara lain membajak sawah, mananam padi, memetik buah sendiri, menanam sayuran, dan memancing ikan. Fasilitas wisata ini ditawarkan dalam bentuk paket berbagai pilihan. Target pasar utama pihal Manajemen Pasirmukti adalah para pelajar khususnya siswa SD dan SLTp. Hal ini sesuai dengan misi utama Kebun Wisata Pasirmukti yakni mengenalkan dunia pertanian sejak dini kepada generasi muda. Oleh karena itu, faasilitas-fasilitas yang didirikan dan kegiatan-kegiatan yang ditawarkan selain memiliki fasilitass penunjang wisata seperti restoran, penginapan, sarana peribadatan, hotel, area kemping, kolam renang dan kolam ikan juga memilki fasilitas pendidikan pertanian di dalamnya.

Sebagai salah satu objek wisata agro yang belum lama dikenal oleh umum, Kebun Wisata Pasirmukti dihadapkan pada tantangan untuk dapat menarik hati wisatawan agar mau berkunjung. Hal ini penting dilakukan karena sebagai salah satu usaha yang bergerak di bidang jasa, pengunjung merupakan tolak ukur yang paling penting dalan keberlangsungan usahanya.

Tujuan                :

Secara umum penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan pengunjung terhadap performance Kebun Wisata Pasirmukti.

Metode Penelitian      :

Penelitian ini menggunakan dua jenis data yakni data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari penyebaran kuesioner, wawancaaraa dengan konsumen/pengunjung, wawancara dengan pihak manajemen, pengamatan langsung di  lapangan.

Metode pengambilan sampel dari konsumen/pengunjung dilakukan dengan pendekatan non-probability sampling melalui metode convenience sampling.

Analisis           :

Penelitian ini menggunakan empat analisis. Analisis deskriptif digunakan untuk menjelaskan proses pengambilan keputusan kunjungan konsumen ke Kebun Wisata Pasirmukti. Importance-Peerformance Analysis digunakan untuk memetakan hubungan antara kepentingan dengan kinerja dari masing-masing atribut tersebut. Customer Satifaction Index digunakan untuk menganalisis kepuasan responden secara keseluruhan. Sedangkan uji Friedman dan Multiple Ccomparison digunakan untuk menentukan urutan prioritassss fasilitas tambahan yang perlu ddibangun.

http://pse.litbang.deptan.go.id/ind/pdffiles/JAE%2024-1c.pdf

Analisis Jurnal 2 :

Judul                   :

ANALISIS KEPUASAN PENGUNJUNG DAN PENGEMBANGAN FASILITAS WISATA AGRO

(Studi Kasus di Kebun Wisata Pasirmukti, Bogor)

Pengarang      :

Riandina Wahyu Oktaviani dan Rita Nurmalina Suryana

Tema                 :

Kepuasan Konsumen

Abstrack         :

Kecendurngan wisatawan untuk kembali ke alam menyebabkan pengembangan daya tarik wisata yang berbasiskan alam menjadi potensial, tak terkecuali wisata yang berbasiskan alam pertanian (wisata agro). Kebun Wisata Pasir Mukti merupakan salah satu wisata agro yang terdapat di Citeureup, Bogor dan baru dibuka untuk umum pada tahun 2001. Artikel ini menyajikan hasil penelitian karakteristik pengunjung., proses keputusan kunjungan, respone pengunjung dan kepuasan pengunjung terhadap atribut yang ditawarkan oleh Kebun Wisata Pasirmukti.

Latar Belakang :

Wisata agro merupakan salah satu jenis wisata yang memanfaatkan usaha pertanian (agro) sebagai objek wisata dan mmemadukan antaara kegiatan pertanian dan kegiatan wisata. Wisata aagro bukan semata merupakan usaha yang menjual jasa bagi pemenuhan kebuhan konsumen akan pemandangan yang sangat indah dan udara yang sangat segar, namun juga dapat berperan sebagai media promosi produk pertanian, menjadi media pendidikan bagi masyarakat. Hal ini memberikan sinyal bagi peluang pengembangan diversifikaasi produk agribisnis yang berarti pula dapat menjadi kawasan pertumbuhan baru wilayah.

Preferensi dan motivasi wisatawan yang berkembang secara dinamis serta kecenderungan wisatawan untuk kembali  ke alam menyebabkan pengembangan daya tarik wisata yang berbasiskan alam menjadi potenssial di kawasan Kabupaten Bogor, merupakan salah satu wilayah yang memilki potensi yang cukup besar dalam pengembangan wisata agro.

Kebun wisata Pasirmukti merupakan salah satu objek wisata agro yang memiliki fasilitas edukatif khususnya di bidang pertanian, antara lain membajak sawah, mananam padi, memetik buah sendiri, menanam sayuran, dan memancing ikan. Fasilitas wisata ini ditawarkan dalam bentuk paket berbagai pilihan. Target pasar utama pihal Manajemen Pasirmukti adalah para pelajar khususnya siswa SD dan SLTp. Hal ini sesuai dengan misi utama Kebun Wisata Pasirmukti yakni mengenalkan dunia pertanian sejak dini kepada generasi muda. Oleh karena itu, faasilitas-fasilitas yang didirikan dan kegiatan-kegiatan yang ditawarkan selain memiliki fasilitass penunjang wisata seperti restoran, penginapan, sarana peribadatan, hotel, area kemping, kolam renang dan kolam ikan juga memilki fasilitas pendidikan pertanian di dalamnya.

Sebagai salah satu objek wisata agro yang belum lama dikenal oleh umum, Kebun Wisata Pasirmukti dihadapkan pada tantangan untuk dapat menarik hati wisatawan agar mau berkunjung. Hal ini penting dilakukan karena sebagai salah satu usaha yang bergerak di bidang jasa, pengunjung merupakan tolak ukur yang paling penting dalan keberlangsungan usahanya.

Tujuan                :

Secara umum penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan pengunjung terhadap performance Kebun Wisata Pasirmukti.

Metode Penelitian      :

Penelitian ini menggunakan dua jenis data yakni data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari penyebaran kuesioner, wawancaaraa dengan konsumen/pengunjung, wawancara dengan pihak manajemen, pengamatan langsung di  lapangan.

Metode pengambilan sampel dari konsumen/pengunjung dilakukan dengan pendekatan non-probability sampling melalui metode convenience sampling.

Analisis           :

Penelitian ini menggunakan empat analisis. Analisis deskriptif digunakan untuk menjelaskan proses pengambilan keputusan kunjungan konsumen ke Kebun Wisata Pasirmukti. Importance-Peerformance Analysis digunakan untuk memetakan hubungan antara kepentingan dengan kinerja dari masing-masing atribut tersebut. Customer Satifaction Index digunakan untuk menganalisis kepuasan responden secara keseluruhan. Sedangkan uji Friedman dan Multiple Ccomparison digunakan untuk menentukan urutan prioritassss fasilitas tambahan yang perlu ddibangun.

http://pse.litbang.deptan.go.id/ind/pdffiles/JAE%2024-1c.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar