Kamis, 06 Juni 2013

Tulisan untuk B. Indo


SEPEDA

·         SEJARAH SEPEDA

Sepeda adalah kendaraan roda dua atau roda tiga, memliki setang, tempat duduk, dan sepasang pengayuh yang digerakan oleh kaki untuk menjalankannya. Sepeda diperkirakan berasal dari Perancis sejak awal abad 18, dahulu dikenal dengan nama velocipede, dengan bentuk yang primitit.

Kemudian seorang Jerman bernama Baron Karls Drais von Saverbronn menyempurnakan velocipede. Pada tahun 1818, terciptalah kendaraan roda dua. Model yang dikembangkan seperti gabungan sepeda dan kerata kuda, masyarakat menjulukinya dandy horse. Pada tahun-tahun berikutnya sepeda semakin disempurnakan oelh beberapa orang diantaranya : Kirkpatrick MacMillan membuat pedal. Ernest Michaux mendesain pemberat engkol. Dan Pierre Lallement membuat pelek atau velg, dan banyak kemajuan lain bagi sepeda sehingga sepeda tercipta sempurna seperti saat ini.

 

·         JENIS- JENIS SEPEDA

-          Sepeda Balap sepeda yang model handlernya setengah lingkaran dan digunakan untuk balapan.

-          Sepeda Gunung digunakan untuk lintas off- road dengan rangka kuat, memiliki suspensi, dan kombinasi kecepatan.

-          Sepada BMX merupakan kepanjangan dari bicycle moto-cross, banyak digunakan untuk atraksi.

-          Sepada lipat merupakan jenis sepeda yang bisa dilipat sehingga mudah dibawa kemana-mana.

-          Sepada kota adalah sepeda yang biasa dipakai diperkotaan dengan kondisi jalan yang baik. Sepeda jenis ini mengutamakan aspek fungsional. Biasanya memiliki sebuah boncengan dan kerangjang.

-          Sepeda jalan raya diunakan untuk balap jalan raya, bobotnya ringan, ban halus untuk mengurangi gesekan dengan jalan.

-          Sepeda angkutan memilki desain klasik seperti sepeda kumbang, sepeda pos, dan sepeda ontel yang memilki besi kuat untuk berboncengan dan membawa barang.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar