Kamis, 06 Juni 2013

Tulisan untuk B. Indonesia


KOTA GARUT

Kota Garut terletak di provinsi Jawa Barat, Indonesia. Garut yang letaknya dikelilingi oleh pegunungan menjadikannya memiliki banyak potensi wisata alam yang menarik, yang dilihat dari pusat kotanya.

DELDOM

Deldom adalah singkatan Delman Domba. Umumnya delman ditarik oleh seekor kuda. Namun di kota garut, deldom ditarik oleh sepasang domba bandot yang memiliki bulu yang bagus, tanduk yang indah, dan tubuh yang gemuk. Deldom merupakan ciri khas kota Garut.

MASJID AGUNG GARUT

Masjid Garut merupakan salah satu masjid tertua di bumu Priangan. Masjid Agung saat ini berbeda dengan Masjid Agung pada awal abad 19. Terdapat beberapa perubahan dan yang paling mencolok adalah perubahan bentuk kubah. Masjid Agung pada saat itu memiliki konsep kubah tumpang tiga. Masjid Agung mengalami beberapa renovasi dan renovasi diselesaikan pada tanggal. 25 Agustus 1998.

CANDI CANGKUANG

Candi Cangkuang merupakan candi yang pertama ditemukan dan juga merupakan candi Hindi satu-satunya di Tatar Sunda. Candi ini terletak di Kampung Pulo, desa Cakuan. Kecamatan Leles di Kabupaten Garut. Desa Cangkuang dikelilingi empat gunung besar di Jawa Barat. Candi Cangkuang terletak di sebuah daratan di tengah-tengah danau kecil sehingga untuk mencapainya, kita memerlukan rakit.

DODOL GARUT

Dodol Garut merupakan makanan khas yang berasal dari kota Garut. Dodol Garut memiliki banyak jenisdiantaranya dodol wijen, dodol coklat, dodol durian, dll. Dodol garut masuk kedalam kategori makanan ringan atau cemilan karena rasanya yang manis. Rasanya yang khas yang membedakan dodol garut dengan dodol-dodol yang lain.

BABANCONG GARUT

Babandong Garut konon hanya satu di Indonesia. Babancong Garut merupakan bangunan kecil seperti Pesanggrahan dengan panggung disisi selatan alun-alun atau lapangan Oto Iskandardinata Garut. Luasnya mencapai 15 meter  persegi dengan delapan tiang penyanggah atap dengan ketinggian 7 meter. Di Babancong inilah presiden Seokarno pernah berpidato dan menyebut Garut sebagai Kota Intan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar